Jumat, 01 Mei 2015

5.3 ERA ORDE BARU ; INDONESIA CALON MACAN ASIA BARU

Melihat kondisi pembangunan ekonomi Indonesia selama pemerintahan Orde Baru dapatdikatakan bahwa Indonesia telah mengalami proses pembangunan ekonomi yang spektakuler.Keberhasilan ini dapatdiukur dengan sejumlah indikator ekonomi makro. Dua diantaranya yangumum digunakan adlah laju pertumbuhan PDB dan tingkat PN perkapita.Sejak pemerintahan Orde baru, Indonesia menganut sistem ekonomi terbuka, goncanganeksternal sangat terasa dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi. Dampak negstif resesiekonomi dunia tahun 1982 terhadap perekonomian Indonesia, terutama terasa pada laju pertumbuhan ekonomi yang selama 1982–1988 jauh lebih rendah dibandingkan periode sebelumnya.
1.      PERTUMBUHAN PACSA ORDE BARU
Pemerintahan Orde Baru berakhir pada bulan Mei 1998 pada saat krisis keuangan Asiamencapai titik terburuknya dan menghantam perekonomian Indonesia. Pada tahun 2008 hingga2009 terjadi krisis ekonomi global yang berawal dari suatu krisis keuangan yang besar di AS,namun ekonomi Indonesia tetap mampu mempertahankan pertumbuhan yang positif walaupunlajunya lebih rendah. Dilihat sejak awal pemerintahan Orde Baru hingga sekarang, dapat dikatakan bahwa proses perubahan struktur ekonomi Indonesia cukup pesat. Data terakhir triwulan II 2010 menunjukkan strukur PDB Indonesia masih didominasi oleh sektor industri manufaktur, sektor pertanian, dan sektor perdagangan, hotel dan restoran.
                        ISU PENTING
a.       Indonesia sempat dijuluki calon macan asia karena Indonesia mengalami suatu proses pembangunan ekonomi yang spektakuler, paling tidak pada tingkat makro agregat.Keberhasilan ini dianggap banyak kalangan sebagai prestasi besar dari pemerintahan orde barudibawah kepemimpinan presiden Soeharto.Sekarang tidak lagi dijuluki macan asia, karena Indonesia baru bangkit atau pulih dari krisisglobal, tetapi masih menjadi daya tarik dari Indonesia yaitu sumber daya alamnya.
b.      Teori pertumbuhan modern lebih relevan dibandingkan teori klasik dalam menjelaskan pola perkembangan ekonomi dibanyak negara, termasuk negara yang miskin SDA karena kenyataan pertumbuhan ekonomi tersebut tidak sepenuhnya hanya didorong oleh akumulasi modal dan penambahan jumlah tenaga kerja, tetapi juga disebabkan oleh peningkatan produktivitas darikedua faktor tersebut. Faktor terpenting dari pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan produktivitas bukan jumlah dari faktor-faktor produksi yang digunakan dan ini mencerminkanadanya suatu progres teknologi.
c.       Transformasi ekonomi adalah suatu rangkaian perubahan yang saling terkait satu denganlainnya dalam komposisi permintaan agregat, perdagangan luar negeri (ekspor dan impor), penawaran agregat (produksi dan penggunaan faktor-faktor produksi yang diperlukan gunamendukung proses pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.Pengalaman Indonesia sejak Tahun 1945, keadan perekonomian Indonesia sangat buruk, baru pada awal era pemerintahan orde baru hingga sekarang dapat dikatakan bahwa proses perubahan struktur ekonomi indonesia cukup pesat. Keberhasilan ini diukur dengan laju pertumbuhan PDB per tahun dan tingkat pendapatan nasional per kapita.
d.      Kemajuan teknologi, peningkatan pendidikan masyarakat, peningkatan pendapatan perkapitasering dikatakan sebagai pemicu keberhasilan ekonomi karena faktor tersebut diatas termasukindikator penting yang mana jika sejumlah faktor tesebut tumbuh dengan laju yang tinggi akanmembawa dampak semakin cepatnya perubahan struktur ekonomi.
e.       Dengan semakin kecilnya sumbangan pertanian terhadap pembentukan PDB dalam prosestransformasi ekonomi, kemiskinan tidak akan bertambah di Indonesia karena sumbangan darisektor industri pada PDB meningkat, penjelasannya bahwa barang–barang manufakturmemiliki elastisitas pendapatan dari permintaan positif dan lebih besar. Kecilnya sumbangan pertanian terhdap PDB juga bisa disesabkan karena faktor penghitunganyang kurang valid, karena beberapa sektor pertanian yang kecil mungkin saja belum masukdalam data PDB.
f.       Ekonomi modern adalah perekonomian di perkotaan dengan sektor utama industri. Dalamekonomi modern kualitas tenaga kerja lebih penting daripda kuantitasnya. Kualitas tenaga kerjatidak hanya dilihat dari tingkat pendidikan tetapi juga kondisi kesehatannya.Ekonomi tradisional adalah perekonomian di perdesaan yang didominasi oleh sektor pertanian,karena jumlah penduduknya tinggi , maka tejadi kelebihan suplai tenaga kerja dan tingkatthidup masyarakatnya berada pada kondisi subsistem akibat perekonomian yang sifatnya jugasubsistem.
g.      Dengan teori Indonesia tidak dapat menghindari krisis ekonomi pada tahun 1997-1998 ataupunkrisis global tahun 2008-2009 karena krisis ini menghantam secara global dan tidak dapatdihindari, Indonesia juga terkena imbasnya terutama lewat penurunan volume ekspormanufaktur untuk sejumlah barang. Namun indonesia tetap mampu mempertahankan petumbuhan yang positif walaupun lajunya lebih rendah dari pada yang diharapkan saatsebelum krisis terjadi.
h.      Teori Arthur Lewis dan Hollis Cheney terbukti di Indonesia karena di Indonesia terjadi proses pembangunan ekonomi perdesaan ataupun perkotaan. Juga teori chenery dengan teori pembangunan yang memfokuskan pada perubahan struktur dalam tahapan proses perubahanekonomi di negara berkembang, yang mengalami transformasi dai pertanian tradisional(subsistem) ke sektor industri sebagai mesin utama penggerak pertumbuhan ekonomi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar